Posted by: donasofia | 22/01/2009

laporan pandangan hati…live dari Perth….

Di suatu siang yang emmmmh...( panas tidak..dingin juga bukan…apaan tuh namanya ????? yah deskripsikan sendiri ya padaan).…eeehhh…. tak kusangka dan tak kuduga….tiba2 saja aku membaca satu imel yang keren bgt……dari siapa…. tentunya dari my lopeli hasben dong :D…..isinya apa ??? ini loooo……tentang ceritanya beliau (setahun yang lalu)….. waktu pertama kali menginjakkan kaki di kota kelahirannya Heath Leadger si pemeran Joker dalam pilem Dark Knight itu…………

Sebenernya cerita di imelnya dia ini……ditujukan untuk temans nya si AA yang senasip seperjuangan….alias temans yang sama2 mendapatkan beasiswa yang sama seperti dia… yang pada menyebar di seluruh penjuru bumi kangguru ini (biar mereka2 saling berbagi cerita tentang kotanya masing2…maksudnya ….);)

But…..it’s ok lah….buat temans yang pengen tau juga tentang dan bagaimana kehidupan di  kota Perth (dan kehidupan kami b2, khususnya )…..sapa tahu abis baca ini, kali aja ada yang berminat menyusul kami kemari…..siiiipppp lah,  bisa dibaca n diresapi kok, hihiksss…….( lumayanlah…sapa tahu besok ujian keluar…..):D

……….begini niiiiiii imel selengkapnya……selamat membaca !!!……

(note : diriku copy paste tulisannya dan sedikit dicakepin hurupnya)


Hi Mates!
Apa kabar saudara-saudaraku semua sekalian?

Pgn sekedar berbagi cerita ttg bagaimana beradaptasi
dgn kota perth
(ntar juga temen2 harus share cerita
dgn background kota masing2 ya…….)

Hmmmmm..mulai darimana ya……Ok…. issue yg selalu hangat tiap
pertama kali datang…….AKOMODASI !!!!

1. AKOMODASI
Sepertinya hampir semua kita ngalamin susahnya cari
permanent accommodation. Dan seringkali sewanya
melonjak tinggi dari harapan kita……Utk contoh, saya
mendapatkan apartemen 1 bedroom di minggu kedua di
perth dgn harga AS$275/week…(sekitar 2,5 juta/ minggu)


Walopun itu fully-fully- fully furnished, stategis bgt,
udh tmasuk bill utk listrik, air & gas dan punya
pemandangan yg bagus pula
(menghadap ke swan river &
city)
.…..tapi dikalkulasi, itu ternyata memakan sekitar
80 % dari allowances beasiswa. Bisa
dibayangkan……sisanya sekitar 20 % itu utk nutupin
kebutuhan kita yg lain….. Tapi, nasi sudah

digoreng..tinggal dinikmati aja pake kecap & saos
sambel, boleh lah tambah emping kalo suka. Jadi,
haruslah putar otak, banting tulang, peras keringat
utk cari tambahan duit, nabung buat beli rumah &
seperangkat isinya dan aksesoris lainnya
(mobil,
motor, sepeda gunung, dll)
di Indo..hehehe.


2. PEKERJAAN
Memang betul ajaran agama…..sering2 bsilaturahim itu
akan mbuka pintu rezeki. ….Seperti yg udh saya ceritakan
di email sblmnya, Alhamdulillah utk mdapatkan
pekerjaan di Perth mudah, asal itu tadi..mau buka
tangan utk salaman ama org2….. buka kuping utk mau
dengerin info dari org2…..buka mata utk lihat2 lowongan
pekerjaan di internet, papan pengumuman kampus, koran,
dll…..buka hati utk menerima kenyataan ternyata kita
disini jadi cleaning service! Hehehe..

Kebayang kan…….
bagaimana perasaan hati ketika harus buangin bekas
sampahnya orang, bersihin WC, ngepel, dll…..jadi bagi
bapak2 yg di rumahnya udh biasa dilayani istri utk
pekerjaan rumah tangga……siap2lah utk merasakan betapa
berkeringatnya kerja jd cleaning service. Asli……bikin
keringatan!


Pekerjaan cleaning service disini dibayar rata2
AS$15-25/jam
(min Rp.120ribu/jam! ).…. Itu banyak yg
pekerjaan kasual……boleh datang & pergi sesuka
hati..dan tidak perlu mikir …..Jadi pulang ke rumah,
badan capek, perut lapar, makan & lsg tidur…..

Pekerjaan lainnya juga banyak…..nungguin kios koran, packaging, delivery, dll……Malah byaran utk sabtu & minggu bisa lebih tinggi…bisa dapat A$20-25/jam…….Syukur2 buat yg
ambil riset dapat project dari dosen, pasti lebih
tinggi bayarannya.


Ajang silaturahim yg paling enak di sini adalah ketika
shalat jumat…….Alhamdulillah, Curtin Uni punya mushola
yg bisa nampung sekitar 200 jemaah sampe ke
halamannya. Jadi disana ajang tukar info……. Saya juga
udah pernah jumatan di Murdoch Uni utk silaturahim dgn
mahasiswa2 indo disana……. Yg belum tgl di UWA…… Dari
hasil silaturahim itu- lah saya mendapatkan pekerjaan,
dan menyalurkan tenaga kerja 2 orang utk pekerjaan yg
saya dapatkan tapi tidak bsa dila
kukan krn waktu.


3. KENDARAAN & SISTEM TRANSPORTASI KOTA PERTH
Masih inget omongan david spiller ketika orientasi
menjelang berangkat? ………Dia bilang
: It is easy to have a
car in ausie, but it is expensive/difficult to make it
run
…… David nambahkan..karena utk bayar asuransinya,
bensin, ongkos perawatan, dll itu lebih mahal daripada
harga mobilnya.

Memang betul & itu harus dipikirkan
dgn cermat utk budgeting…….Tapi satu hal yg juga susah
disini…..mengendarai nya……. Utk teknik mengemudi mgkn sama
aja, tapi memahami peraturan & beradaptasi
dgnnya…..itu akan memakan waktu yg tdk sedikit…….Yg
udah terbiasa bw mobil di indo, apalagi di jkt..hati2
aja. udh beberapa kali saya bawa mobil temen
disini……tapi di jalan malah lebih sering merhatiin
speedometer daripada jalannya sendiri……..Karena denda
utk pelanggaran di jalan raya ternyata besar! Terus
jgn maen klakson seenaknya. Karena itu udah offense.
Jadi, sekali lagi…hati2 di jalan!


Alhamdulillah, di Perth……. student dapat potongan harga
tiket 50% utk hampir semua system transportasi…….bis
kota, kereta api & kapal penyebarangan
(dari swan
river ke fremantle & dari fremantle ke rottnest
island)
……..

Selain itu ada beberapa bis kota yg
disediakan gratis setiap jam yg melayani jalur2
tertentu
(ada 3 jalur..yellow cat, blue cat & red
cat)
..…..Tapi karena gratis, seringkali penuh & banyak
berdiri…….. Sialnya, walopun kreta hampir 24 jam, tapi
hanya beberapa jalur dari puluhan jalur bis kota di
perth yg melayani sampe malam ……Jadi agak terbatas juga
mobilisasi diri kalo udah lebih dari jam9 malam.


4. KULIAH…OH KULIAH
Wah….. kayak tukang becak benaran deh…..Saya udah mulai
kuliah intensive unit
(summer class)…..Bayangpun masuk
jam 9 pagi, selesai jam 3….biasanya langsung disambung
kerja kelompok sampe jam 8 malam… Belum lagi tugas
individu tiap hari…… Jadwal kuliah senin – jumat, sabtu
ujian…

Jadi buat temen2 yg coursework, kalo disuruh
ambil mata kuliah intensif, dipertimbangkan matang2
deh……….jgn sampe busuk nantinya……..Susahnya lagi, kadng
kita ga punya cukup waktu lagi utk ngerjain yg lain……..
misalnya kerja, masak, dll……… Kadang capek, stress,
sedih…..koq gw kagak paham2 apa yg diajarin…..tapi
kadang juga bahagia & bersyukur, kalo
ngebayangin……bahwa kita adalah orang2 pilihan & orang2
yg beruntung yg dapat kesempatan beasiswa S2 & S3 ke LN.

Padahal teman2 kita di kantor, teman2 kuliah kita
dulu…….tidak banyak yg memiliki kesempatan yg kita
alami sekarang…… Kalo ngebayangin itu..seperti teringat
tokoh dalam buku tetraloginya andrea hirata
(laskar
pelangi)
jadi bahagia & bsyukur…kita harus haus
akan ilmu…kita harus semangat!

5. MAKANAN
Alhamdulillah……semua bahan mentah utk masakan
Indonesia, ada….Restoran padang, menado, jawa, betawi,
aceh, hampir semua ada…. Sop konro
(1 mangkuk AS$ 7 utk
porsi 2 orang)
, pempek, soto2an, ayam rica2, gado2,
dll….Tgl restoran sunda yg belum…. Ntar saya deh yg
buka…hehe. ……….

Bahkan di
canning vale (daerah di suburban perth), ada pusat
grosiran utk segala kebutuhan makanan……..terutama buah,
sayur, ikan, daging, dll……. Bayangkan utk 1 kg buah ceri
kalo kita beli di supermarket harganya AS$ 19….. tapi di
pasar grosir itu..1 box yg isinya sekitar 4 kg, cuma
AS$ 10…….. Tapi ya itu, belinya harus 1 box, ga boleh
ketengan……..

Di canning vale juga ada toko grosiran utk
makanan asia…….. Yg punyanya engkoh tatang dari Jakarta.
Jadi kalo belanja disitu & dia tau kita org indo,
kadang belanjaan kita suka ditambahin, kadang kita
dikasih diskon……… Saya punya favorit bahan makanan dari
engkoh tatang……
pete !!!! enak utk dibikin balado teri
kacang pete, nasi goreng pete, sambal pete, dll……… Jadi
jamuan istimewa
(dgn ikan asin peda) kalo ada temen
indo datang ke apartemen..hehehe. ……..

Jadi tiap hari saya
sempatkan masak disini, utk menghemat uang saku………


6. SOCIAL LIFE
Satu hal yg menarik disini adalah kehidupan pergaulan
masyarakatnya……… Perth boleh dibilang kota sepi, hanya
di beberapa titik pusat kota yg rame……1) di Subiaco
(dekat2 UWA, University of Wetern Australia)….disana banyak kafe2&restoran yg buka
sampe malam……… Satu lagi di kawasan northbridge
(pecinan) yg terkenal karena kawasan lampu merahnya.

Selebihnya…… pusat perbelanjaan senin-jumat buka jam9
sampe jam5. ……Sabtu-minggu buka jam10 tutup jam 5…… Bahkan
tidak jarang, minggu banyak juga yg tutup………Dulu
katanya pernah ada jajak pendapat terhadap warga
kota……pertanyaannya perlukah jam operasional pusat
perbelanjaan diperpanjang………
Jawabannya: tidak perlu…….
karena itu akan menambah waktu kerja kami & akan
mengurangi waktu kami dgn keluarga.

Jadi orang2 perth
itu katanya : ngountry…….. alias senang ngabisin waktu ama
keluarga…. Sekrang yg lagi jadi perdebatan adalah
daylight saving………. Tahun 2008 adalah tahun ke-2
percobaan
daylight saving di perth………dan sepertinya
tahun depan akan dihapuskan, karena kebijakan itu
diprotes warganya karena menambah jam kerja mereka,
dan mengurangi waktu tidur anak2 mereka………

Luar biasa
emang perth ini………… Kota yg penduduknya ga begitu butuh
duit……..cuma pelajar curtin aja yg namanya
aang darmawan
yg butuh duit..hehehe.


7. LAIN-LAIN
Entah ini keberuntungan atau…eh, tapi ini harus
disyukuri ding…..di perth, Alhamdulillah banyak orang
indo…..Asal mau silaturahim, kita akan dapat kemudahan2
dari mereka……Beberapa contoh lagi selain toko grosir
engkoh tatang….di fremantle, ada toko grosir juga,
tapi utk souvenir…..Yg punya ibu ade orang tangerang,
suaminya orang serang-banten….So pasti harga dikasih
diskon gede….Dia punya sekitar 8 kios yg digabung jadi
satu…….. Jadi mungkin toko souvenir terbesar di perth.

Utk urusan komunikasi, HP, telepon & internet…….ada
lagi toko allphones
di carrousel…..Yg jaganya Shirley &
melly…… Baik & ramah…Mungkin ini toko cabangnya
Roxy…hehe. yg pasti, mereka juga nawarin kemudahan2
lah soal urusan komunikasi itu……

Kayak kemarin saya mo
langganan internet, karena ada syarat yg belum
lengkap, aturannya ga boleh ama providernya, tapi ama
mereka…gak apa2 mas, kita yg akan urus ama
providernya…….. Utk HP juga mereka bisa kasih diskon.


Terus…undangan pengajian, syukuran, akekahan, dll.
Lumayan kalo kangen makanan Indonesia
rumahan…hehehe.

Cukup segitu dulu saudara2ku. Mohon maaf ama pak lurah
& teman2, kalo emailnya kepanjangan.

Hidup adalah perjuangan tanpa henti ….
Hidup harus penuh rasa sabar & syukur…..Tapi tawa &
canda harus juga mengisi hari, biar ga susah terus
mikirin hidup…hehehe………..Salam Sukses!

Jadi, kapan maen ke perth?

Tabik,
Aang


( temans, begitulah isi imelnya…..oiiiiaaaaaaaaa…ini ada gambar pemandangan kota perth yang diambil dari balkon ato teras apartemen
kami…..Subhanallah yaaa…luar binasa eeeennndaaaah-nya…….)

malam hari dari balkon 908
pagi-kota-perth


Thursday, Jan 22nd 2009 @ 10.29 pm


Responses

  1. Assalamu’alaikum…
    salam kenal mbak..aku ery f 26 dr jakarta
    punya rencana mo kuliah di curtin uni (july intake)
    minta emailnya donk mbak.. siapatau kalo dah disana qt bs silaturahim.. ^_^

    • wa’alaikumsalam mba ery…ini imel sayah : donasofia18@yahoo.com….

      waaaahhhhh…senangnya nambah saudara lagi…InsyaAllah, kita bisa ketemuan ya nanti….

      ditunggu kedatangannya loooo…..

      cheers.

  2. hyyyy

  3. Senang dapat info dr dona tentang Perth, insya allah bulan mei kami ada rencana ke Perth dan mdh2 dona
    bersedia memberi info ttg Perth, thank wassalam

  4. ass, mbak dona, saya ada rencana sama teman2 mau ke Perth ? kasih info donk ttg Perth yg lengkap, thanks..

  5. Bagus banget nih infonya mbak…saya juga lagi apply beasiswa dikti S3 dan mau bawa keluarga jadi hrs siap mental cari kerja sampingan dan trims infonya…sampai kapan rencana di Perth? walapun sy blm tentu lolos juga hehe. trims byk

  6. Mb..masih di perth? Email mb apa donk… Insy akir taun ksana neh. Doain visa lancar kelar yahk..

  7. Mb..masih di perth? Emailnya donk.. Insy akir taun month ksana neh. Doain visa kelar ya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: