Posted by: donasofia | 13/08/2009

Untuk-mu, Pah….

Segala Puji Bagi ALLAH yang Maha Kaya dan tak terbatas kekayaan-Nya….


*punten….sekedar ingin bercerita*…..

SUBHANALLAH….inilah kali ke-dua dalam sejarah hidup saya, mendengar dan menyaksikan isakan air mata dan segukan nafas terengah-engah yang keluar dari mulut dan mata ayahanda tercinta…..

Bagaimana tidak, bagi seorang (Purnawirawan) tentara seperti beliau, yang terbiasa disiplin, tegas dan berwibawa itu…. rasanya sangat mustahil sekali bisa meneteskan butiran2 air bening ke pipinya yang masih terlihat kencang di usianya yang ke 66 tahun itu….Tapi sekali lagi, di luar itu-pun beliau hanya lah manusia biasa….punya hasrat, punya haru, punya empati, punya sedih, punya pilu dan pula punya harap…..

sesaat bersujud di kaki beliau

sesaat bersujud di kaki beliau

dan air mata itu-pun...

dan air mata itu-pun...

Ini kali pertama…. saya saksikan dengan mata kepala saya sendiri, air mata beliau jatuh satu persatu menghiasi wajah tegarnya….Saat itu adalah ACARA SIRAMAN menjelang pernikahan saya dengan suami tercinta…Ketika itu saya bersujud di kaki beliau meminta izin dan memohon keikhlasan beliau untuk melepas-kan saya yang sebentar lagi akan menjadi milik orang lain……

Saya-pun tak kuat menahan air mata haru sekaligus kehilangan yang amat sangat, karena selama 26 tahun beliau terus mendampingi, mendidik, mensupport, bahkan pula yang memarahi sekaligus “menjewer” kenakalan2 saya… hingga akhirnya ia-pun harus rela “kehilangan” putri satu-satunya ini…..

*Sujud maaf-ku yang paling ikhlas untuk-mu Pah….Kalau-pun aku harus mengulang sampai beribu2 kali bersujud di kaki-mu…. INSYAALLAH, kan kulakukan memohon ampun karena seringnya melawanmu, Pah*…..

Dan inilah kali ke-dua…kembali, air mata beliau itu berderai…..


AIR MATA HARU & TANGIS BAHAGIA……

” Terimakasih banyak, Ade (biasa dirinya memanggilku)….Papa dan Mama bahagia dan bangga sekali…Semoga ALLAH mudahkan semua harapan dan impian Ade sama Aang ya, Nak…Hanya ALLAH yang bisa membalas baik budi kalian……..”, isak Papa sambil terdengar seseguk nafas nya yang terpongah *terdengar jelas sekali oleh-ku*… saat kami berkomunikasi di telepon dengannya…

YA RABB….Tak ada ungkapan rasa bahagia yang mendesir di hati saya ketika tahu orang tua yang paling saya cintai itu menangis haru di depan saya (walau hanya lewat udara)…. mengucapkan terimakasih yang tak sepantasnya keluar dari bibirnya yang pucat pasi (seharusnya anak-lah yang berterimakasih kepada orangtua)…karena memang tak ada balas budi yang bisa kami (anak2nya) bayar dengan harta apapun kecuali satu hal, yaitu bisa membuat bahagia dan bangga hati mereka……*salahsatunya dengan memenuhi impian mereka untuk bisa bertandang ke tanah suci, MEKKAH*……

Dan beliau-pun berkata….5 tahun belakangan selalu terbayang olehnya RUMAH SUCI ALLAH di MEKKAH….pula, terbayang olehnya mengumandangkan seruan “LABBAIK ALLAHUMMA LABBAIK” berjuta2 kali dari bibirnya dan mengelilingi KABAH dengan menggunakan kain putih ihram…dan tak kalah pentingnya jua, terbayanglah olehnya bisa menggenapkan perintah ALLAH untuk melengkapi rukun islam-nya yang ke-5 itu….*INSYAALLAH, dikabul ALLAH ya, Pah*….


SINGKAT CERITA-nya seperti ini…..

Orangtua saya (mama + papa) terdaftar untuk berangkat Haji ke Mekkah pada tahun 2010 melalui Yayasan, sebut saja Yayasan A yang akan membantu proses haji mama dan papa….Saya pikir, sambil menanti berangkat haji 2010 yang notabene masih lama itu…. jadilah saya dan si Aa berencana mengundang orangtua saya untuk datang berlibur ke PERTH sebagai kado yang paling spesial buat mereka…maklum-lah untuk bisa ke luar negeri rupa2nya adalah kesempatan yang sangat langka bagi kami yang berekonomi “cukup saja” alias tidak berlebih ini…..*ALHAMDULILLAH kami punya rejeki lebih saat itu*….

Saya pun sampai tertawa geli ketika mendengar ekspresi mama, saat pertama kali saya memberitahu beliau ingin menghadiahi mereka paket jalan2 berlibur ke Perth gratis… *sepuasnya, pokoknya mama dan papa tinggal bawa badan saja*…..

Dan mama-pun sontak langsung berteriak, “Serasa mimpi ya, De…mama sampe mo pingsan, cita2 mama dulu dari kecil pengen ke luar negeri akhirnya kesampean juga, SUBHANALLAH ya, De….Ahhhhhh, Mama jadi pengen nangis deh….Tapi-kan di sana lagi musim dingin, aahhh mama pasti ga kuwat dinginnya,takut ahh De…”

2 orang terindah di mata....

2 orang terindah di mata....

Sekali lagi…tak ada ungkapan yang paling haru dan membahagiakan ketika kita tahu bahwa hati orang yang paling kita cintai itu tersenyum bahagia dan menyimpulkan sebongkah doa suci untuk kita…….SUBHANALLAH !!!!

Siiiipppppppp….Jadilah, paket wisata ke Perth hadiah buat orangtua saya tercinta, telah kami b2 siapkan khusus spesial pakai telor, KOMPLIT PLIT PLIT !!!!…..


*HINGGA PADA SUATU HARI*…………..

( entah bagaimana ceritanya )….tiba2 kami b2 mendapatkan informasi bahwa keberangkatan haji papa bisa dimajukan menjadi tahun ini (2009) …*ternyata pihak Yayasan mengusahakan adanya jatah kursi haji tahun ini untuk Papa*….tetapi dengan satu resiko, mama yang harus mengalah…menunggu gilirannya berangkat haji, tetap di tahun depan….

MASYAALLAH 2 belahan jiwa itu-pun akan terpisah…. rasanya saya yang mendengar saja merasa pilu dan tak rela….mereka yang seharusnya bisa b2, seiring sejalan dan selalu bergandeng erat akhirnya harus berjalan sendiri2 di RUMAH ALLAH sana…..

Tapi sungguh ALHAMDULILLAH… ALLAH mudahkan kembali jalan mereka untuk selalu bersama dan selalu berdua (selamanya)….Seketika itu, kami b2 langsung mengambil langkah seribu, menyuruh Papa untuk mengambil sistem penyelenggaraan haji ONH Plus (ONH +)….”Keseluruhan biaya biarlah kami b2 yang akan menanggung, Papa tenang aja ga usah dipikrin…”, sahut-ku meyakinkan papa…..

Niat kami hanya satu waktu itu…LEBIH CEPAT LEBIH BAIK, WALLAHUALAM…umur kita hanya ALLAH yang tahu….Selagi papa dan mama masih sehat sekarang ….*in fact, mama saya punya penyakit gula yang cukup parah*….Lagipula, memang supaya mama dan papa saya bisa menjalankan ibadah haji bersama….

Saya ingat betul, komentar pertama yang dilontarkan oleh papa saat itu….”Kan ongkosnya lebih mahal, De…apalagi kalian harus bayarin mama juga, padahal kebutuhan kalian juga-kan ga sedikit”……ujar papa saat saya menelpon beliau untuk melemparkan option menggunakan Haji ONH Plus…

Saya hanya bisa membalasnya dengan dua kalimat saja….” Yang penting mama dan papa bisa sama-sama naik hajinya…. Doakan kami agar selalu diberi sehat sama ALLAH supaya bisa terus bahagia-in mama & papa….INSYAALLAH ALLAH ridho, Pah”, ujarku kepada beliau….

Selang berapa detik kemudian….saya mendengar dengan jelas sekali beliau menangis sesekali mendoakan saya dan berucap…”Pasti papa dan mama doain Ade dan Aang !!…ALHAMDULILLAH YA, ALLAH”…., kata papa setengah berteriak….

Waaaahhh, saat itu…saya pun tak kalah “cengeng”-nya…saya menangis tersedu2 sambil memeluk suami tercinta, kala selesai mendengar seuntai doa tulus dan tangis bahagia yang keluar dari mulut laki2 terindah di mata saya itu…

Untuk Papa dan Mama tercinta….Izinkan kami membalas semuwa jerih payah, air mata, tangis, suka, bahagia, cemas, empati sekaligus duka kalian….walaupun kami tahu sampai kapanpun, itu tak-kan mampu dan cukup untuk membalas semuwa doa dan pengorbanan kalian untuk kami…

Oiyaaaa Ma….impian mama untuk bisa ke jalan2 ke luar negeri, Ade postpone dulu ya ….*kan bisa beribadah haji b2 sama Papa jauh lebih berharga dan indah ketimbang ke Perth, hehhehe*… INSYAALLAH di lain waktu ALLAH kasi kesempatan Mama & Papa untuk bisa ke luar negeri bersama kami,

*Aaaaaaaammmmmmmmmmmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn Ya ALLAH……………*.



*Perth, disambi dengan memasak telor dadar spesial buat suami tercinta @ 9.00 pm*


Responses

  1. terharu banget membaca kisah ini….moga-moga saya mempunyai anak sebaik dan seberbakti dona dan aang…amin

  2. terharu banget… sybhanallah.. smoga saya bisa sperti itu,, membahagiakan ortu untuk bisa pergi menunaikan ibadah haji bersama…

  3. mba,sy bersyukur ketemu blog mba hr ini.sungguh menginspirasi dan memberi solusi atas masalah yg sy hadapi saat ini. smoga Allah snantiasa memberkahi mba &keluargax


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: