^^ ALA DONSOF ^^

Tujuan-nya cuma satu…supaya tambah disayang, dicinta en dikangenin terus ama SUAMI…..*uuuhhhuuuyyy*….😉

....Mie ayam bakso....*ala DonSof*

...detail tumpukan ayam-nya....*lazzziiieezzz*...

....MPEK-MPEK KAPAL SELAM....*ala DonSof* => setelah obrak-abrik ukuran/ perbandingan sagu, ikan tenggiri ama terigu....gagal maning, gagal maning, gagal maning ampe ampir DESPERADO karena ga karuan bentuk jadinya.....Ffffiiiuuuhhhh, berhasil juga "at the end"-nya....ALHAMDULILLAH !!! BERHASIL...BERHASIL..BERHASIL...*gaya dora* !!!

....SOP KACANG MERAH ASEM MANIS WITH IGA SAPI....*ala DonSof*....daaaaaaaaaaaaaannnn, ....BALADO TELUR PUYUH & IKAN SALMON....*ala DonSof (again)* As a requested from Mang Aang tercinta buwat makan besarnya untuk buka puasa hari ini....

...Nasi Rawon...*ala DonSof*

....SANDWICH HASH BROWN...*ala DonSof*... => MENU SARAPAN ALTERNATIP-nye BUMIL.... Bosen ama nasi, n roti tawar yang dimesis-in muluk...akhernya terciptalah SANDWICH ala DonSof.... Isinya : roti tawar putih ditiban ama HASHBROWN (nugget kentang begituh)...ditiban lagi ama keju kraft single..ama daun slada, ama timun ama tomat ama mayonesse, ama saus sambel plus tomat !!! Oiyaaaa...HASHBROWN-nya itu, beli jadi di supermarket kok...jadi, kalo mo makan tinggal goreng deehh..PRAKTIS kan ???

....SAYUR ASEM & AYAM BAKAR MADU....*ala DonSof*.... Buka kulkas..ngliat stok ayam montog ama sayur asem masih fresh buwat diolah...akhernya, calling-lah Mang Aang tersayang : " Gimana mo dimasakkin spt yang tsb diatas ga, Juragan ????".......Ohhhhhh mahhhuuuuuu, katanya..... Ssssiippp..sssiippp....taraaaaaaaaaaaaaaaaa !!!! Untuk-mu, sayang....

....NASI GORENG KEPEPET....*ala DonSof* Berhubung jadwal-nya hari ini, kita mo wiken-an ke rumah mertua tercinta di Rangkas...jadilah apa yang ada di dapur & kulkas dihabisin ajuaaahh...Toooohh, Mang Aang ga bakal request dimasakkin spesial kok hari ini....*hehhehehe*.... Yowessss, yang "eye catching" buwat di libas di Nas-Gor ini cuma ada...bakso, ati rempolo, ama telor & veggies frozen doank !!! namanya juga KEPEPET... TARAAAAAAAAAAAAAAAAA....."Penampilan seh standart, tapi rasanya gimana, Mang ????"..."Wooooooooooooowwww, RRRRrrrrruuuuaaaaarrr Bina-syaaaaahhh", katanya......hehehehhe *jadi GR sayah*...

.....SPAGHETTI BOLOGNAISE......*ala DonSof* Aaahhhh meni gaya pisan namanya pake ada Bolognaise-nya segala...padahal mah spageti aka mie disiram daging giling begituh !!! hehhehe.... Ceritanya simpel aja..wiken kali ini-kan judulnya "tamasya" ke rumah mertua tercintah... pulang ke rumah tau2 udah megrip aja...Eeeehh, perut pada keroncongan semua !! Liat stok di lemari, kok pas bgt yaa, ada spaghetti mentah...lanjooodd lagi buka kulkas ada stok daging giling...yowes, ambil bawang bombay, iris tomat, cemplang-cemplung plus parut keju dikit...JADI deeehh !! SPAGHETTI ala DonSof buat makan malam kali ini, hehhehe....

 

...tumis sawi putih....*ala DonSof*

....TEMPE & TAHU PENYET....*ala DonSof* daaaaaannnnnn....... ...CUMI SAUS MENTEGA LUMUR KECAP.....*ala Donsof* (again) Ceritanya begini....Pulang dari RANGKAS, bawa oleh2 salahsatunya berupa TEMPE.....*konon ceritanya, tempe paling MAKNYOZZ sak dunia..kata Mang Aang yah berasal dari Rangkas...*OK akur dah, Mang*.... Akhernya, Mang Aang bisik2 semalem sebelum kita be-2 molor dengan suksesnya....Kata beliau : "Besok buat buka puasa pengen makan TEMPE & TAHU PENYET ya, istriku !!!....."OK de Mang, orderan segera direcord dimemori", sahut bini-nya yang paling cantik ini, .....hehehhehe..... Akhernya....sreng osreng osreng osreng !!! jadilah 2 menu YUMMMMMMMYYYYY di atas.... TAAARAAAAAAAAA.....Untuk-mu suami-ku !!!! Ku-masak dengan penuh cinta selalu...

.....KE-TOP-PRYAK....*ala DonSof* Emang sejak kapan ya, KETOPRAK pake telor ??? yaaahhh, namanya juga Ala DonSof...seneng2nya yang masak lah, heehhehe...*maklum lagi blendung, jadi nilai giji-nya kudu ditingkatin*.... Kupat-nya beli di pasar kemaren...bingung mo diapain...yowes, di hajar aja deh pake tahu goreng, bihun, toge, kerupuk trus disiram pake sambel kacangnya khas ketoprak yang diulek manual !!! TARAAAAAAAAAAAAAAA....KETOPRAK ala DonSof buwat sarapan pagi Ibu Hamil...Maap ya Mang, ga sempet ngicip...berangkat ke kantornya pagi bener siiii ?? hehehee....But, don't worry...udah disisih-in kok buwat ntar pulang kantor !!!

....PEPES AYAM JAMUR.....*ala DonSof*... Seumur-umur...engga pernah doyan sama yang namanya PEPES...mau pepes tahu kek, pepes ikan, pepes ayam, ampe pepes pes pes pes apa lah namanya...teteeeuuubb aja ga pernah doyan !!! hehehe... Tapi berhubung Mang Aang yang minta...*katanya seh waktu itu, beliau makan di salahsatu warung makan, tros katanya enak n pengen lagi*...Yowesss, request ke bininya, minta dibikinin PEPES AYAM JAMUR... Waaaahhhh, kudu wajib mesti dituruti deh...nyontek abis di buku resep, finally jadi juga dwweeeehhh...

....TOFU SIRAM BROKOLI 2 JAMUR....*ala DonSof*... Ibu hamil emang kudu banyak en sering2 makan sayur...Yowezzz, masakan yang kompleedd isi sayur, kek-nya ya model beginian...Yaahh, sekali merengkuh dayung, 4-5 macem sayurs terpenuhi-lah, hehhee.... !! Wwwuuuiiiiiihhhhh, ibu sehat si baby juga sehat....*ammiinnnnn, INSYAALLAH*....

....BALA-BALA alias BAKWAN....*ala DonSof* Makanan kesukaan Mang Aang kala berbuka puasa...gorengan ditemani teh manis panas !!! slllrrruuuuppp...ALHAMDULILLAH YA ALLAH !!! Telah KAU cukupkan nikmat-MU untuk kami hari ini.... ....sikaaaaaaaaatttttttt Mang !!!!....oiya, maap ya sayang, sambel kacangnya ga ke-uplot, hehehe...

...NASI MENTEGA VEGGIES....*ala DonSof*.... daaannnnn.... ....AYAM GORENG BUMBU REMPAH....*ala DonSof*.... Kali ini yang bikin "RADA" spesial sih sebenernya NASI-nya *menurut-ku loohh*....soalnya bosen dengan nasi yang dimasak biasa, akhernya mencoba untuk dimodifikasi dengan menggoreng-nya with MENTEGA kemudian dicampur dengan VEGGIES FROZEN ke dalam-nya....Walhasil, nasi jadi gurih karena mentega-nya....dan bergizi karena ada sayuran di dalamnya.... Kalo ayam-nya si...sebenarnya Es-Te-De ajaaa...cuma sengaja bumbu rempah-nya agak dibanyakkin biar lebih MANTEFFFFFFHHH pas nyampe di lidah...kemudian digoreng sekaligus with bumbu rempah2-nya itu...Hasilnya, bumbu2 rempah yang menempel di ayamnya, jadi penambah napsu makan kok, hehehhehe....

....SOTO AYAM MERIAH...*ala DonSof*... Request-nya Mang Aang...minta dimasakin yang berkuah2...katanya lagi pengen yang panas2, suueegeeerrrrr n pedezzz...

...TUMIS TONGKOL PEDAS with KAPRI TELUR PUYUH....*ala DonSof*.... MasyaALLAH, panjang bener judul-nya !!! heehehe...abisnya semua bahan kudu masuk diolah biar makannya tambah lahap... Oiyaaa...sedikit cerita...IKAN TONGKOL sebagai bahan utama menu hari ini, adalah ikan tongkol yang beda dari ikan tongkol yang ada di seluruh dunia *sedikit lebai aahhh*....Masalahnya, udah kebukti sama semua masyarakat RANGKASBITUNG & sekitarnya...TONGKOL "si Mas" ini, engga ada amis2-nya acan..udah gitu gurih dan durinya lunak pula.. Pokoknya syedeppp deh kalo mo diolah apapun juga....Terbukti, tiap pulang kampung ke rumah mertua tercinta, pasti sengaja disempet2in ke pasar beli IKAN ini buwat NYETOK taro di kulkas, heehhehehe....

....OMLET TAHU JAMUR....*ala DonSof*... Judulunya seh telor dadar..tapi sama ibu hamil kudu dimodifikasi dikit biar bergizi dan sehat, Jadilah ditambahin TAHU, JAMUR & BAKSO yang dipotong kecil2 sebagai campurannya... Maklum namanya juga amatiran...yaahh ketauan deh ancurnya, pas moment "penggulungan*...Wooowwww, sukses "ROBEK" dengan sempurna (liat kanan bawah) hehehehhee....Kenapa ini bisa terjadi ??? Ternyata ehh ternyata isi campurannya terlalu banyak dimasukkin ke kocokan telor-nya.....yang bener adalah : harus kudu mesti sedikit ajuaaahh...INSYAALLAH dijamin ga sobek pas digulung.... Yowwweeeezz-lah, yang penting rasanya...JOZZZ MARKOJOZZZ kok !!!

...TERONG SIRAM BALADO UDANG....*ala DonSof* Akhernya mateee gayeee juga deh...itu terong di kulkas, di BALADO (again)...balado deuuii, balado deuuii, hehhehe... Tak mengapah lah...yang penting itu terong keluar deh dari tempat bertapanya...daripada "bosok" ga karuan gara2 kelamaan"nangkring" !!! xixixixi...

....GETUK KEJU TABUR KEJU....*ala DonSof*... Ceritanya kek gini niiii...Gara-gara ada singkong nganggur, hasil panen dari kebon sebelah rumah...eeehhh,tiba-tiba Mang Aang minta dibikin-in GETUK buwat temen nyemil-nya di sore ini.. Yowezzzz, dengan bahan seadanya....dengan alat seadanya pulak, mulai-lah Bibi Donna meracik singkong molehh itu menjadi getuk pesanan laki-nya... Setelah singkong dikupas dan dibersihkan, kemudian dikukus sampe lunak...trus ditumbuk & dicampur dengan gula merah, keju dan sedikit garam !! Kudu & harus-nya sih, semua bahan ditumbuk pake lesung biar alus...tapi berhubung cuma punya cobek sambel, jadilah tumbuk menumbuk itu dilakukan dengan ala kadarnya....*hasilnya emang kurang alus, tapi kata Mang Aang yang penting yang numbuk muka-nya aluuzzz*...wuueeeekkk !!!! Udah kelar ditumbuk, trus mulai-lah dibentuk *teteeeuubb ala kadarnya*...hehhehe, jadi deh, bentuk getuk ala DonSof....Oiyaaaa, satu lagi berhubung engga ada kelapa parut buat topping-nya...jadilah keju sebagai pengganti...Ga kalah nikmat kok..*maklum pengenan ibu hamil makan kejuuuu muluk, hehhehhe*

....AYAM GORENG BUMBU KUNING....*ala DonSof*... Ibu hamil, pengen lunch yang simple2 aja...Abisnya cuaca mendung bikin keenakkan & keterusan buwat kumulan ama bantal en selimut...lumayan kebawa juga malesnya hari ini, hehhehe... Eniweh, ada stok ayam di kulkas...trus diungkep aja pake bumbu kuning ampe aernya sat...udah gitu digoreng deh !!! Naaahhh, buwat nambah napsu makan, ngulek sambel mentah pake-in terasi..truss makannya pake nasi angettt tabur bawang goreng & kecap !!! ALHAMDULILLAH, nikmaaattt banget....

....SIOMAY SAOS KACANG....*ala DonSof*.. Mmmmhhhh..kalo inget bikin SIOMAY...jadi ke-inget Mba Yuli Rahmawati, salahsatu sahabat baikku waktu kami b2 tinggal di Perth...dari Ibu cantik yang satu itu, aku belajar n nyuri2 ilmu, gimana caranya bikin siomay yang endyaaaaanngg... For Mba Uwie (panggilannya, red)...makasi banyak yaa, mba !!! Terinspirasi oleh-mu...akhernya SIOMAY kek gini, bisa kusajikan dengan penuh cinta untuk Mang Aang tersayang, hehhehehhe....

....BOLU KUKUS WARNA-WARNI....*ala DonSof*...

....AYAM KENTUCKY...*ala DonSof* Resep-nya nyontek dari temen-nya Teh Ike Hermawan (temen di Perth), namanya Mba Rachmah Setyawati...*makasi ya Mba Rachmah, akhernya aku bisa juga bikin ayam yang kek begini...murah meriah dan higienis, karena bikin sendiri*....jiyeeeeeeehhhh... Ceritanya kenapa bisa ampe PUWASSS bisa bikin ayam kentucky sendiri....Mmmmmmhh abisnya tiap bikin ayam model begini yang ada "sakit hati" muluk, gara2nya GAGAL TERUS...ga pernah berhasil dapetin "kriuk-kriuk-kriuknya"...Ooooooooohh ternyata, begitu toohhh cara bikinnya...super duperrr guammpaaanggg dan murah...

...SOP BUNTUT BAKAR...*ala DonSof*... Rikues-nya Mang Aang..katanya pengen makan OXTAIL tapi yang dibakar !!! Siiippppppp Mang...spesial for buka puasa ntar ya, sayang !!! SELAMAT BEKERJA, suamiku...Jemputlah rezeki ALLAH beserta doa dan cinta-ku...

....BUBUR CANDIL.... ...Kebelet bikin (juga), gara-gara selalu KUCIWA, tiap beli pasti rasanya "kurang pas" di lidah...entah engga kenyal-lah si candilnya...entah kelembekan-lah, entah kurang manis-lah..dan entah-entah laennya !!! hehehhe... Spesial buat buka puasa hari ini...Untuk-mu suamiku !!!

....BUBUR SUM-SUM.... Temennya bubur candil...ya, SUM-SUM !!!! Siiiipppp-lah, ke-2 takjil ini siyap diseruput tepat pukul 17.57 waktu Bekasi, hehhehe....

....DONAT KENTANG.... Bikinnya disambi masak ama nyuci baju...dijamin gampaaanng bangedd...lah wong nyontek kok di si MBAH GOOGLE !!! heehehe... Rikuesnya Mang Aang....pengen donat tabur keju ama gula halus buwat buka puasa nanti sore !!! sssiiipppp, Mang...udah ready ni for you...sisa adonan, sempet aku goreng setengah mateng dulu, baru pas deket bedug, digoreng lagi biar dimakan pas anget2....Love you !!!!

...DADAR GULUNG...*ala DonSof*... Bosen ama warna-nya yang ijo, akhernya nyoba2 nyampur pake warna pink deh...yowes, jadi 2 warna ceriyaaah begini !!!! lumayan pemandangan suueegeerr di siang bolong....hehhehe... Buwat kekasih hatiku...KUTITIPKAN SEGUDANG RINDU-ku LEWAT "DARLUNG" KESUKAAN-mu INI....SELAMAT BERTUGAS & BERIBADAH DI SANA Yaaaa !!! *uuhhuuuuuuyyy*...(Oiiiya Yang, tadi hasil adonan jadi 20, 8 biji lgs disikat ama Arya n Rehan...katanya abisnya anty masaknya di depan kita2 sih, jadikan kitah lapeeerrrrr !!!! *batal deh puasa si Abang...Dasarrr anyak-anyak*....)

....NASI BAKAR....*ala DonSof* Sekilas kek nasi kuning yaaa....eeiiittssss tapi jangan salah, ini namanya NASI BAKAR aka NASI PEPES...campurannya semua dimasukkin, mulai dari ayam, cumi, udang, en sedikit bakso... Nasi, ayam, udang, cumi en bakso yang udah dibumbuin...trus ditaro ke daon pisang, dijepit pake tusuk gigi, trus dikukus 15-20 menitan.. abis itu dibakar sebentar !!

ROTI TAWAR GULUNG....*smoked beef n keju* Hmmmmmhhhmm, sebagai NANNY dari 2 ponakan yang masih unyil2 di rumah (Abang Arya, 6 tahun & Ade Rehan, 3 tahun)... emang dituntut kudu kreatip supaya ngajarin mereka untuk "doyan & jatuh cinta" ama masakan rumah...*doktrin Mang Aang ke istrinya, hehehe* Walhasil...ALHAMDULILLAH,akhernya jadi kebiasan bagi mereka ketika mereka pengen makan sesuatu, tinggal nagih deh ke anty-nya !!! Bahagia rasanya melihat mereka tergila2 dengan masakan anty-nya dan selalu berkomentar : " BESOK ABANG MAUUUUUUU LAGIIIII, ya anty !!!!! ABANG SUKA BANGETTT....ADE JUGAAA ANTY !!!!"

....PUTRI SALJU.... Huaaaahhhh, puwaszzzhhh banged emang kalo bikin sendiri...kacang mete-nya dibanyakkin... menteganya engga tanggung2...gula alusnya ditebarrr semaunya...pokoknya ga bakal itung2an dah, hehhehehe... Sssiiipppp-laaahhh...lumayan jadi 4 toples KUE PUTRI SALJU hari ini...1/2 toples lebih udah abis ama anak2 (Arya & Rehan)...en sisanya siap buat LEBARAN, kirim ke mitoha tercinta.... Buat suami-ku...mau berapa toples kah spesial untuk dirimu ??? dijamin bini-nya kagak ganggu gugat dahhhh !!!!...*2 jari silang di belakang*...hehehhe...

...NASTAR KLASIK... ALHAMDULILLAH, setelah nyontek sana nyontek sini di Mbah Google, lanjod ngebet di buku2 resep yang dibeliin Mang Aang plus sedikit curhat dengan resep nya temen...akhernya jadi deh kue berisi selai nanas ini... Mengenai rasa...kalo kata Mang Aang mah : "Iiiinniiiiiiii juaranya !!!!!"....;))

Mmmmmhhhh, sebenernya bingung mo dikasi nama apa buat jenis kue ini...dibilang CHOCOCHIPS KACANG MEDE, ternyata bukan...soalnya bentuknya kek bukan chocochips....Tapi yang jelas, ini sebenernya CHOCOCHIPS ala DonSof aja...alias modifikasi n gabungan antara resep putri salju ama nastar yang ditambahin bubuk choco, supaya warnanya jadi coklat... Tapi kalo soal rasa dan penampilan, kata Mang Aang mah..."GA ADA DUA-NYA dweehh di dunia !!!"...kagak tahu deh muji beneran apa karena ga tega ngeliat bininya NGUBLEK di dapur semaleman, hehhehe....

....KASTENGEL... Aseeeellliii, awalnya ga pede mo bikin kastengel bentuk "LOPE" begini...,maklum soalnya ga punya cetakan kastengel yang semestinya... Tapi begitu ngeliat salahsatu TAG-an temen-nya Teh Ike Hermawan yang nampilin wujud kastengel kek begini...wwuuiiiihhh PEDE-nya jadi berlipat2 deh, hehhehe.... ALHAMDULILLAH, kastengel 2 toples kelar juga malem ini...sekaligus menutup rentetan ngebikin kue2 lebaran tahun ini...Fffuuuiiiiiihhh, cape juga ya bowwwwww karena disambi "nge-BIBI" juga alias masak, beres2 rumah, n ngurus anak2 !!! untung si bebi di dalam perut bener2 pengertian..nemenin emaknya dengan setia NGUBLEK seharian di dapur & rumah....love you sweetheart !!! Naaahhhh, yang berminat ngebikin ini resepnya *setelah saya modifikasi dengan resep sendiri*...MONGGO kalo mo dicontek....

Responses

  1. salut deh u teteh…jd pengen belajar masak euy…biar suatu saat disayang suami n anak2 kuuuh….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: